Kompotensi pedagogik merupakan kompetensi yang penting yang perlu dikuasai oleh seorang guru dalam proses pembelajaran. Kemampuan kompetensi pedagogik guru di Indonesia masih di bawah standar, begitupun dengan guru yang telah bersertifikasi PPG. Didorong oleh masalah ini, peneliti ingin menganalisis kompetensi pedagogik dalam pembelajaran daring pada guru yang telah tersertifikasi PPG di SD Strada Van Lith II. Tujuan penelitian ini untuk menyibak penguasaan kemampuan kompetensi pedagogik pada tiga aspek: menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik, memanfaatkan teknologi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran dan melakukan tindakan reflektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Studi ini mengadopsi jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan naratif inkuiri. Hasil analisis naratif inkuiri dari tiga guru tersebut menunjukkan bahwa ketiga guru PPG di SD Strada Van Lith II mengalami perubahan dari pemahaman konsep dan praktik pedagoginya setelah PPG. Namun sangat disayangkan di masa pandemi ini yang mengharuskan penerapan pembelajaran daring, membuat ketiga guru ini memerlukan penyesuaian kembali. Sehingga perubahan-perubahan yang positif telah dilakukan setelah melalukan sertifikasi lewat progam PPG harus mengalami kemunduran yang signifikan. |