Anda belum login :: 17 Feb 2025 08:51 WIB
Detail
BukuKonsep Diri Akademik Pada Mahasiswa Penerima Beasiswa Reguler Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Bibliografi
Author: Octavia, Roselina Putri ; Mamahit, Henny Christine (Advisor)
Topik: konsep diri akademik; mahasiswa; beasiswa
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2021    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Persepsi diri seseorang mengenai kemampuan serta evaluasi diri dalam domain akademik disebut konsep diri akademik. Tiga aspek konsep diri akademik yaitu kepercayaan diri, penerimaan diri, dan penghargaan diri. Keberhasilan  mahasiswa  dalam  mengikuti  proses  pendidikan  dan  pembelajaran  di  kampus sangat  dipengaruhi  oleh  konsep  diri  akademiknya. Mendapatkan beasiswa serta mampu mempertahankannya adalah sebuah pecapaian yang baik. Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari bagaimana konsep diri akademik dalam diri mahasiswa penerima beasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran  konsep diri akademik  pada mahasiswa penerima beasiswa reguler di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa aktif penerima beasiswa reguler di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Data terkumpul adalah 38 mahasiswa aktif penerima beasiswa reguler. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrumen skala penilaian yang dikembangkan peneliti. Penelitian ini menggunakan ujicoba terpakai dengan 36 pernyataan dan didapatkan sebanyak 30 pernyataan valid dengan reliabilitas sebesar 0,920. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep diri akademik mahasiswa penerima beasiswa termasuk dalam kategori positif yaitu 81,6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mahasiswa penerima beasiswa reguler  di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya memiliki konsep diri akademik yang positif. Hasil rata-rata skor komponen konsep diri akademik menunjukan bahwa komponen kepercayaan diri memiliki skor 152,1; pada komponen penerimaan diri sebesar 151,75; dan pada komponen penghargaan diri memiliki skor sebesar 151,17. Hasil penelitian menunjukan komponen yang lebih dominan adalah kepercayaan diri, diikuti dengan penerimaan diri dan penghargaan diri. Saran berdasarkan hasil penelitian ini adalah  untuk kepala Kantor Beasiswa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya  dapat mengadakan kegiatan-kegiatan seminar atau pengembangan kepribadian yang membantu mahasiswa untuk meningkatkan konsep diri dalam diri mereka terlebih konsep diri akademik bagi seluruh penerima beasiswa.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)