Persepsi diri seseorang mengenai kemampuan serta evaluasi diri dalam domain akademik disebut konsep diri akademik. Tiga aspek konsep diri akademik yaitu kepercayaan diri, penerimaan diri, dan penghargaan diri. Keberhasilan mahasiswa dalam mengikuti proses pendidikan dan pembelajaran di kampus sangat dipengaruhi oleh konsep diri akademiknya. Mendapatkan beasiswa serta mampu mempertahankannya adalah sebuah pecapaian yang baik. Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari bagaimana konsep diri akademik dalam diri mahasiswa penerima beasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran konsep diri akademik pada mahasiswa penerima beasiswa reguler di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa aktif penerima beasiswa reguler di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Data terkumpul adalah 38 mahasiswa aktif penerima beasiswa reguler. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrumen skala penilaian yang dikembangkan peneliti. Penelitian ini menggunakan ujicoba terpakai dengan 36 pernyataan dan didapatkan sebanyak 30 pernyataan valid dengan reliabilitas sebesar 0,920. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep diri akademik mahasiswa penerima beasiswa termasuk dalam kategori positif yaitu 81,6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mahasiswa penerima beasiswa reguler di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya memiliki konsep diri akademik yang positif. Hasil rata-rata skor komponen konsep diri akademik menunjukan bahwa komponen kepercayaan diri memiliki skor 152,1; pada komponen penerimaan diri sebesar 151,75; dan pada komponen penghargaan diri memiliki skor sebesar 151,17. Hasil penelitian menunjukan komponen yang lebih dominan adalah kepercayaan diri, diikuti dengan penerimaan diri dan penghargaan diri. Saran berdasarkan hasil penelitian ini adalah untuk kepala Kantor Beasiswa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya dapat mengadakan kegiatan-kegiatan seminar atau pengembangan kepribadian yang membantu mahasiswa untuk meningkatkan konsep diri dalam diri mereka terlebih konsep diri akademik bagi seluruh penerima beasiswa. |