Anda belum login :: 23 Nov 2024 07:11 WIB
Detail
ArtikelPeningkatan Kualitas Pelayanan Pendidikan Perguruan Tinggi dengan Menggunakan Metode Gabungan Servqual, Kano Model dan QFD (Studi Kasus Program Studi Teknik Industri UNDIP)  
Oleh: Aries, Susanty ; Darminto, Pujotomo ; Filmika, Radhiany Nurmala
Jenis: Article from Proceeding
Dalam koleksi: Industrial Engineering Conference on Telecommunication 2010 "Membangun Kekuatan Industri di Indonesia pada Era Pasar Bebas (ACFTA / WTO)", Bandung Juni 2010, page 102-107.
Topik: Kualitas Jasa; SERVQUAL; Model Kano; QFD
Fulltext: Peningkatan Kualitas Pelayanan Pendidikan Perguruan Tinggi.pdf (254.66KB)
Isi artikelInstitusi pendidikan tinggi dapat dilihat sebagai institusi yang bergerak di sektor jasa. Sejalan dengan kecenderungan yang berlangsung di industri jasa, perhatian terhadap kualitas institusi pendidikan tinggi juga meningkat dan persainganpun semakin ketat. Untuk memenangkan persaingan, salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan oleh institusi pendidikan tinggi adalah kepuasan yang dirasakan oleh mahasiswa/calon mahasiswa atas layanan yang diberikan. Untuk mengukur dan meningkatkan kepuasan mahasiswa Program Studi Teknik Industri UNDIP, penelitian ini menggunakan metode SERVQUAL untuk menilai kesenjangan antara apa yang diharapkan dan apa yang dirasakan dari sejumlah atribut jasa yang diukur, model Kano untuk menentukan atribut jasa yang menjadi prioritas, dan Quality Function Development (QFD) untuk memperjelas tindak lanjut yang harus dilakukan untuk menutup kesenjangan antara atribut-atribut jasa yang menjadi prioritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diantara 43 variabel yang diteliti, terdapat 13 variabel yang mendapat prioritas untuk diperbaiki.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)