Peran guru sangat penting dalam pembelajaran di sekolah, pembentukan karakter peserta didik merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh seorang guru, khususnya karakter membaca. Rendahnya karakter membaca peserta didik kelas IV SD Tarakanita Gading Serpong dalam pembelajaran jarak jauh dan peran guru untuk meningkatkan karakter melalui aktivitas membaca dalam pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini ingin melihat peran guru dalam meningkatkan karakter melalui aktivitas membaca peserta didik kelas IV SD Tarakanita Gading Serpong pada penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini adalah guru selalu memberikan motivasi setiap hari kepada peserta didik untuk lebih rajin membaca, guru menyelipkan motivasi-motivasi di dalam penjelasan materi yang diberikan pada saat berlangsungnya pembelajaran. Peran guru sebagai fasilitator yaitu menyediakan dan memberikan referensi buku pelajaran atau buku yang lain untuk menunjang pembelajaran. Guru meminta peserta didik untuk mencari buku tersebut dari internet dan meminta untuk membaca buku-buku tersebut. Selain buku guru juga memberikan referensi lain untuk peserta didik belajar. |