Anda belum login :: 23 Nov 2024 04:07 WIB
Detail
BukuEfektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Dalam Pembelajaran Matematika di Kelas V SD
Bibliografi
Author: Amelia, Anastasia Vina ; Simanullang, Bitman (Advisor)
Topik: Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh; Matematika
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2021    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Salah satu cara agar siswa dapat tetap belajar disaat masa pandemi yakni dengan cara melakukan pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas yang terjadi selama pembelajaran jarak jauh dalam pembelajaran matematika di kelas V SD Strada Nawar dan SD Strada Cakung berlangsung. Dalam penelitian ini terdapat pertanyaan yang ingin dijawab melalui proses penelitian, yakni : 1) Apakah pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dalam pembelajaran matematika di kelas V berjalan efektif? 2) Apakah kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dalam pembelajaran matematika di kelas V SD? 3) Bidan apa saja yang perlu diperbaiki agar pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dalam pembelajaran matematika dapat berjalan dengan lebih baik?. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif yang dilakukan kepada 5 wali kelas, 2 wali murid, dan 2 murid kelas V di SD Strada Nawar dan SD Strada Cakung. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik triangulasi berdasarkan pedoman wawancara. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka didapatkan hasil yang menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dalam pembelajaran matematika di kelas V SD Strada Nawar dan SD Strada Cakung efektif. 2) Kelebihan dari pembelajaran jarak jauh dalam pembelajaran matematika di kelas V yakni waktu belajar menjadi lebih fleksibel, siswa lebih dekat dengan orangtua, dan siswa semakin percaya diri sehingga tidak lagi bergantung pada guru. Sedangkan untuk kekurangan pelaksaan pembelajaran jarak jauh yakni guru tidak dapat berinteraksi secara langsung dengan siswa serta masih terdapatnya kendala dalam tidak stabilnya jaringan internet. 3) Bidang yang perlu diperbaiki agar pembelajaran jarak jauh berjalan lebih baik yakni penggunaan media pembelajaran yang lebih menarik dan ketersediaan sarana dalam belajar.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)