Situasi pembelajaran daring saat ini, mendorong guru untuk lebih kreatif dalam merancang kegiatan pembelajaran di kelas. Guru dapat menggunakan beragam cara untuk merancang kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, menarik, dan mampu mendukung siswa mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Salah satunya adalah menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi seperti Quizizz. Quizizz adalah salah satu aplikasi game edukasi dalam bentuk kuis. Beberapa keunggulan Quizizz sebagai media pembelajaran adalah desain tampilan Quizizz yang penuh warna sehingga mampu menarik perhatian siswa, terdapat feedback, terdapat leader board yang menunjukkan peringkat siswa berdasarkan perolehan skor, terdapat ringkasan soal, dan aplikasi Quizizz juga dapat diintegrasikan dengan Google Classroom. Quizizz dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada berbagai topik pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran aplikasi Quizizz untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas V SD pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Strada Bhakti Wiyata 1, yaitu kelas VA sebagai kelas kontrol, dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain non-equivalent control group design. Peneliti menggunakan tes sebagai teknik pengumpulan data, dan peneliti menggunakan kuantitatif sebagai teknik analisis data. Nilai rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, yaitu 90,06 > 79,72. Selain itu, hasil uji t dengan Independent Sample T-Test menunjukkan nilai t hitung lebih besar dari t tabel dengan derajat kebebasan 49 yaitu 2,010. Maka besar t hitung > t tabel adalah 4,516 > 2,010. Dengan perolehan ini, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V SD dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Oleh karena itu, guru hendaknya mengeksplor dan memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi khususnya selama pembelajaran daring. Sehingga, aktivitas belajar di dalam kelas dapat bervariasi, dan dapat mendukung siswa mencapai tujuan belajarnya. |