Pembelajaran jarak jauh yang diterapkan dalam situasi pandemi COVID-19 memiliki berbagai permasalahan, salah satunya motivasi belajar siswa. Motivasi belajar merupakan dorongan dari siswa dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan. Dalam pembelajaran jarak jauh, keaktifan peserta didik kurang terlaksana dengan baik sehingga mempengaruhi pembelajaran dan berdampak pada hasil belajar siswa. Hasil belajar merupakan perubahan dan pembentukan perilaku siswa dalam bentuk nilai hasil belajar. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar siswa dalam pembelajaran jarak jauh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV SD Strada Wiyatasana. Jenis penelitian ini adalah korelasi dengan mengambil 61 siswa di kelas IV A dan IV C SD Strada Wiyatasana. Pengambilan data dilakukan dengan angket untuk mengukur motivasi belajar dan tes untuk mengukur hasil belajar Matematika. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji korelasi, uji koefisien determinasi, uji T dan uji signifikansi koefisien korelasi dengan statistik T. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar Matematika. Saran yang dapat diajukan adalah agar para pemangku kepentingan di bidang pendidikan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran jarak jauh. |