Anda belum login :: 23 Nov 2024 10:27 WIB
Detail
BukuPengembangan Buku Cerita Digital Bergambar Berbasis Karakter PeduliLingkungan Bagi Siswa Kelas II SD
Bibliografi
Author: Simamora, Theresia Christina ; Anindyta, Pricilla (Advisor)
Topik: Pengembangan; Buku Cerita Bergambar; Pendidikan Karakter
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2021    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Karakter peduli lingkungan merupakan sikap dan perilaku kita untuk menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar dimana kita berada. Namun nilai kepedulian terhadap lingkungan belum terinternalisasi sepenuhnya dalam diri siswa, khususnya di sekolah dasar. Penguatan pendidikan karakter terutama peduli lingkungan dapat dilakukan salah satunya melalui kegiatan literasi yaitu kegiatan membaca 15 menit sebelum belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku cerita digital bergambar berbasis karakter peduli lingkungan bagi siswa kelas II SD dengan menggunakan model ADDIE. Buku ini dikhususkan bagi siswa yang sudah bisa membaca dengan lancar/baik. Dimana setelah siswa membaca buku, guru melakukan tanya jawab kepada siswa untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap pesan yang terkandung pada buku. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa buku cerita bergambar dilakukan berdasarkan 5 tahap pengembangan ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Peneliti mengumpulkan data dengan melakukan wawancara dan angket, dan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Buku yang peneliti kembangkan berjudul “Aku Peduli Lingkungan” telah dilakukan uji coba skala kecil dan uji coba lapangan, dimana dari uji coba lapangan mendapatkan nilai presentase 99, 1% yang memiliki arti buku yang peneliti kembangkan mendapatkan nilai sangat baik. mendapatkan hasil “sangat baik“ dan layak digunakan dalam kegiatan membaca 15 menit sebelum belajar. Buku ini dapat membantu siswa dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan. Setelah membaca buku, guru memberikan pertanyaan refleksi kepada siswa dan secara keseluruhan siswa dapat menjawab pertanyaan guru dengan tepat sesuai dengan
jawaban yang diharapkan. Melalui pengembangan buku cerita bergambar, peneliti memberikan saran kepada guru untuk melatih kemampuannya dengan mengembangkan buku cerita digital sederhana sehingga kegiatan 15 menit membaca sebelum belajar dapat terus berjalan walaupun pembelajaran dilakukan secara daring.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)