Literasi baca tulis merupakan salah satu di antara enam literasi dasar yang wajib kita kuasai. Membaca dan menulis merupakan literasi yang dikenal paling awal dalam sejarah peradaban manusia. Literasi baca tulis dapat menumbukan motivasi membaca dan menulis bagi siswa serta melatih kemandirian siswa sebagai pembelajar yang cakap, kreatif, inovatif, dan berkarakter. Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia. Kemampuan berkomunikasi didukung dengan empat keterampilan berbahasa yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan literasi baca tulis di kelas IV SD, penelitian dilaksanakan di SD Strada Budi Luhur 1, SD Negeri Ciledug 02 dan SD Negeri Burangkeng 02. Jenis penelitian kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian, yaitu guru sangat berperan aktif, memotivasi, serta mengevaluasi siswa terkait penerapan literasi baca tulis dalam pembelajaran bahasa Indonesia melalui tahap pembiasaan, pengembangan, pembelajaran, serta tahap kegiatan membaca yaitu tahap prabaca, membaca, dan pascabaca. |