Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:28 WIB
Detail
BukuResiliensi Akademik Siswa/Siswi Kelas VII dan VIII Sekolah Menengah Pertama Santo Andreas Tahun Ajaran 2020/2021 Selama Pembelajaran Jarak Jauh
Bibliografi
Author: Murtiningrum, Dwi ; Pedhu, Yoseph (Advisor)
Topik: Resiliensi akademik; Pembelajaran jarak jauh
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2021    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Resiliensi akademik adalah kemampuan siswa untuk beradaptasi menghadapi tekanan akademik yang meliputi komponen regulasi emosi, pengendalian impuls, optimis, empati, analisis penyebab masalah, efikasi diri dan reaching out. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran resiliensi akademik siswa kelas VII dan VIII SMP Santo Andreas tahun ajaran 2020/2021 selama pembelajaran jarak jauh. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII SMP Santo Andreas tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 47 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data penelitian menggunakan skala penilaian yang dikembangkan oleh peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan uji coba terpakai dengan semua pernyataan (70 item) valid dengan reliabilitas sebesar 0,976. Hasil penelitian menunjukkan bahwa resiliensi akademik siswa kelas VII dan VIII SMP Santo Andreas tahun ajaran 2020/2021 selama pembelajaran jarak jauh berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 64%. Hasil penelitian menunjukkan komponen tertinggi yaitu komponen empati dengan total skor 1.885 dan komponen terendah adalah komponen analisis penyebab masalah dengan total skor 1.670. Berdasarkan hasil penelitian, guru BK disarankan untuk meningkatkan resiliensi akademik siswa, khususnya pada komponen analisis penyebab masalah sebagai komponen terendah. Strategi yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan layanan bimbingan klasikal. Saran bagi siswa kelas VII dan VIII diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dalam menganalisis penyebab masalah dengan berperan aktif mengikuti layanan bimbingan klasikal yang diberikan oleh guru BK. Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan mampu melakukan penelitian terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi individu dalam meningkatkan kemampuan analisis penyebab masalah.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)