Anda belum login :: 23 Nov 2024 01:04 WIB
Detail
BukuPendampingan Belajar Matematika Secara Daring bagi Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar
Bibliografi
Author: Pratama, Edo Aditya ; Budhayanti, Clara Ika Sari (Advisor)
Topik: pendampingan belajar; pembelajaran matematika; pembelajaran daring
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2021    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Pendampingan belajar merupakan suatu proses pemberian bantuan kepada individu untuk memecahkan masalah serta mendorong tumbuhnya inisiatif dalam proses pengambilan keputusan, sehingga dapat terjadi suatu perubahan tingkah laku dengan serangkaian kegiatan meliputi membaca, mengamati, mendengar, dan meniru. Pendampingan belajar dimaksudkan dapat membantu mengatasi kesulitan yang dialami peserta didik khususnya pada pembelajaran matematika secara daring. Pendampingan belajar ini dalam penelitian dilakukan terhadap 1 peserta didik yang mengalami kesulitan pada materi menghitung keliling bangun datar di SD Strada Cakung Bekasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan. Dalam penelitian ini data dianalisis secara deskriptif. Sedangkan tahapan dalam penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumen. Sedangkan teknik analisis datanya dalam penelitian yaitu kondensasi data, tampilan data serta menggambar dan memverifikasi kesimpulan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa dalam pembelajaran matematika secara daring peserta didik mengalami kesulitan pada materi menghitung keliling bangun datar. Pendampingan belajar juga sudah dilakukan dengan cara pengidentifikasian kesulitan, penyusunan lintasan belajar, RPP, dan LKS. Dari kegiatan pendampingan yang dilakukan menunjukkan bahwa peserta didik dapat mengatasi kesulitannya pada materi menghitung keliling bangun datar. Saran untuk orang tua seharusnya dapat menyediakan waktu secara khusus untuk mendampingi anak dalam belajar matematika secara daring. Sedangkan untuk guru seharusnya guru memperhatikan peserta didiknya yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika dengan cara mendampinginya secara khusus pada pembelajaran matematikanya.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)