Hasil belajar yang dimiliki peserta didik dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya faktor internal dalam aspek fisiologis yaitu kemandirian. Kemandirian merupakan faktor yang mencakup kemampuan seseorang untuk dapat mengerjakan sesuatu sendiri dalam menyelesaikan tugasnya. Seperti halnya kemandirian, kemandirian belajar adalah kemampuan yang ada pada diri siswa untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan serta memilih sendiri tujuan dan strateginya dalam belajar untuk mencapai tujuan belajarnya baik belajar di sekolah maupun belajar di rumah. Jenis penelitian kuantitatif korelasi, yang dilaksanakan di SD Strada Cakung, Bekasi dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya hubungan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV di SD Strada Cakung, Bekasi. Kemandirian belajar siswa di kelas IV SD Strada Cakung, Bekasi termasuk dalam kategori rendah, hal ini karena situasi pembelajaran yang saat ini dilakukan melalui google classroom yang menyebabkan rasa percaya diri, motivasi intrinsik dan hasil belajar matematika siswa kelas IV rendah. Berdasarkan hasil pengolahan data dari kuesioner dan tes matematika menunjukkan adanya hubungan yang signifikan dari kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Strada Cakung, Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan hasil korelasi kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika sebesar 0,582 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kemudian hasil uji determinasi nilai R square sebesar 0,339 dengan persentase 33,9% dan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (4,116 > 1,689) menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka semakin tinggi kemandirian belajar siswa akan semakin tinggi pula hasil belajarnya. |