Pelaksanaan penilaian dalam pembelajaran daring tentu tidak mudah dan menjadi tantangan bagi guru, terlebih bagi mereka yang kurang melek teknologi. Teknologi dan internet menawarkan alternatif yang dapat dimanfaatkan dalam penilaian diantaranya tersedianya situs-situs pembuat soal seperti yaitu Liveworksheets.com, Quizizz, dan Wordwall. Guru di SDS Dian Pertiwi merasa membutuhkan informasi tersebut untuk memudahkan mereka menyelenggarakan penilaian pembelajaran daring. Minat guru pada pemanfaatan Liveworksheets.com, Quizizz, dan Wordwall penting diketahui karena merupakan pendorong terciptanya pembaharuan sistem penilaian pembelajaran daring di SDS Dian Pertiwi yang masih monoton atau perlu pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar minat guru di SDS Dian Pertiwi pada pemanfaatan Liveworksheets.com, Quizizz, dan Wordwall sebagai bentuk penilaian pembelajaran daring serta perbandingannya. Variabel minat yang diukur, didasarkan pada 5 aspek yaitu perhatian, ketertarikan, rasa senang, keyakinan, dan tindakan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data adalah penyebaran kuesioner. Teknik analisis data dengan N=12 yang dilakukan adalah analisis deskriptif dengan membuat tabulasi data, tabel frekuensi, tabel kategori, dan grafik, serta uji validitas instrumen menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment dan uji reliabilitas Cronbach Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, seluruh subjek penelitian yakni 12 guru di SDS Dian Pertiwi memiliki minat yang tergolong dalam kategori “Tinggi” dengan total skor 4185 atau 91,7%. Total skor untuk Liveworksheets.com sebesar 1596 (91,7%), Quizizz sebesar 1593 (91,7%) dan Wordwall1626 (83,3%) dan memiliki minat paling tinggi terhadap pemanfaatan Wordwall. Saran bagi calon pendidik, guru, dan sekolah adalah senantiasa menambah wawasan untuk memperbaharui diri untuk mengoptimalkan pembelajaran khususnya penilaian dengan memanfaatkan teknologi dan internet. |