Bimbingan klasikal dengan teknik permainan scavenger hunt adalah layanan yang diberikan oleh guru BK kepada sejumlah siswa yang dilaksanakan di dalam kelas, yang dilakukan dengan melibatkan aktivitas permainan instruksional, dimana siswa diminta untuk mencari dan menemukan item, informasi, atau fitur tertentu berdasarkan pertunjuk yang telah diberikan. Metode pembelajaran ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mengurangi kondisi academic burnout yang dialami oleh siswa selama pembelajaran jarak jauh dimasa pandemi COVID-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat penerapan teknik permainan scavenger hunt dalam layanan bimbingan klasikal dalam pembelajaran jarak jauh dimasa pandemi COVID-19. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Kolese Kanisius yang berjumlah 162 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen dengan one-shot design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah MBI-SS, observasi, wawancara, dan angket. Hasil analisis MBI-SS menunjukkan bahwa rata-rata siswa mengalami academic burnout dengan kategori sedang. Hasil observasi, wawancara dan refleksi siswa menunjukkan bahwa bimbingan klasikal dengan teknik permainan scavenger hunt memberikan dampak positif bagi siswa, yang mana permainan tersebut membuat suasana pembelajaran menjadi menyenangkan, membuat siswa merasa senang dan antusias, dan menumbuhkan semangat siswa, sehingga siswa merasakan emosi positif ketika mengikuti layanan BK Klasikal. Peneliti memberikan saran kepada pihak yang terkait dengan hasil penelitian ini, terutama guru BK/Konselor sekolah. Guru BK/Konselor sekolah dapat menerapkan permainan scavenger hunt dalam layanan bimbingan klasikal pada bidang lain seperti bidang pribadi, sosial, dan belajar, juga menerapkannya dalam berbagai topik yang berbeda. |