Anda belum login :: 17 Feb 2025 08:48 WIB
Detail
BukuImplementasi Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Berbasis Agama Islam, Katolik, dan Buddha di Tangerang
Bibliografi
Author: Hilman, Kathlyn Sikha ; Agustian, Murniati (Advisor)
Topik: Pendidikan Multikultural; Sekolah Dasar Berbasis Agama; Nilai Multikultural; Pendekatan Multikultural
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2021    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Pendidikan multikultural pada sekolah dasar berbasis agama merupakan salah satu upaya dalam pengembangan sikap multikultural dalam kehidupan masyarakat yang plural. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat dan mendeskripsikan nilai-nilai multikultural yang dikembangkan serta pendekatan yang diterapkan pada jenjang kelas V SD di tiga sekolah berbasis agama (Islam, Katolik, dan Buddha). Metode penelitian yang digunakan adalah studi dokumentasi, wawancara, dan observasi. Sebanyak 9 guru dan 9 siswa kelas V dari ketiga sekolah yang menjadi subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai multikultural yang telah dikembangkan ketiga sekolah antara lain nilai identitas, keterbukaan, menghargai diri sendiri, dan menghargai perbedaan dalam keragaman meskipun nilai identitas, keterbukaan, dan menghargai diri sendiri belum dikembangkan dengan ideal. Pendekatan yang diterapkan dari ketiga sekolah meliputi pendekatan aditif, kontribusi, aksi sosial, dan transformasi. Kendala yang dialami guru dalam pengembangan nilai multikultural mencakup keterbatasan waktu dan kesulitan mengintegrasikannya pada pembelajaran yang tidak terkait.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)