Kemajuan teknologi dan informasi memberikan kemudahan yang dapat dirasakan pada semua bidang, khususnya pada bidang pendidikan. Namun, tentunya ada efek negatif jika tidak menggunakan kemajuan teknologi dan informasi ini secara bijak. Seperti yang terjadi di kelas 5 SD Strada Bhakti Wiyata 2, guru yang hanya menggunakan Google Classroom untuk mengunggah materi pembelajaran dan kemudian siswa akan menjawabnya di Google Classroom juga sehingga membuat siswa kurang mengenal teknologi dan informasi yang lain sebagai salah satu cara untuk meningkatkan literasi digitalnya. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti memutuskan untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk tentang meningkatkan literasi digital pada siswa kelas 5 di SD Strada Bhakti Wiyata 2. Peneliti menggunakan jenis penelitian tindakan yang dikemukakan oleh James, Milenkiewicz, & Bucknam yang memiliki 4 langkah, yaitu diagnosa, tindakan, pengukuran, dan refleksi yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada siklus 1, hampir semua siswa belum mahir dan masih belajar dalam menggunakan media digital (Kahoot! dan liveworksheets.com) dan pada siklus 2, semua siswa sudah mahir dalam menggunakan media digital tersebut. Setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 dan 2, terlihat kemampuan siswa dalam menggunakan media digital mulai meningkat. Nampak dari mulai terbiasanya siswa dalam menggunakan media digital di dalam pembelajaran di kelas. Selain itu siswa juga merasa senang ketika mencoba menggunakan media pembelajaran digital lainnya. |