Anda belum login :: 23 Nov 2024 09:28 WIB
Detail
BukuEvaluasi Penerapan SNI Meja dan Kursi di Sekolah Dasar Swasta Tangerang Selatan
Bibliografi
Author: Yanto (Advisor); Kenzie, Gregorius Septaviel
Topik: Antropometri; SNI; Kursi Belajar; Meja Belajar; Sekolah Dasar; Mismatch
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2021    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Penelitian ini meninjau penerapan ukuran Standar Nasional Indonesia (SNI) yang berlaku saat ini yaitu SNI 8518:2018 untuk kursi belajar sekolah dan SNI 8519:2018 untuk meja belajar sekolah yang dikeluarkan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN). Subjek yang diteliti sebanyak 100 sekolah dasar yang terdiri dari
64 SD swasta dan 36 SD negeri yang berlokasi di Kota Tangerang Selatan, Banten. Dimensi meja dan kursi belajar yang ditinjau adalah tinggi dudukan kursi, panjang dudukan kursi, lebar dudukan kursi, tinggi sandaran kursi, tinggi meja, dan tinggi kolong meja. Dimensi meja dan kursi tersebut dievaluasi dengan data SNI 2018 untuk mengetahui ketidaksesuaian ukuran. Dilakukan analisis statistik deskriptif melalui perhitungan standar deviasi dan mean serta dilakukan perbandingan nilai aktual yang menyimpulkan bahwa penerapan SNI 8518:2018 pada dimensi tinggi dudukan kursi menunjukkan ketidaksesuaian sebesar 93% (SD swasta 93% dan SD negeri 93%), dimensi panjang dudukan kursi menunjukkan ketidaksesuaian sebesar 9% (SD swasta 9% dan SD negeri 9%), dimensi lebar dudukan kursi menunjukkan ketidaksesuaian sebesar 39% (SD swasta 49% dan SD negeri 25%), dimensi tinggi sandaran kursi menunjukkan ketidaksesuaian sebesar 1% (SD swasta 1% dan SD negeri 0%), dan dimensi tinggi meja menunjukkan ketidaksesuaian sebesar 85% (SD swasta 92% dan SD negeri 74%). Hasil evaluasi menunjukkan besarnya persentase ketidaksesuaian pada beberapa dimensi sehingga belum dilakukannya penerapan ukuran SNI secara maksimal dalam pengadaan meja dan kursi belajar sekolah dasar.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)