Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi pertumbuhan internal melalui belanja modal dan intensitas pemasaran serta strategi pertumbuhan eksternal pasca IPO terhadap kinerja perusahaan yang diukur menggunakan ROA. Uji hipotesis dilakukan dengan regresi balanced data panel model random-effect berdasarkan data 29 perusahaan yang go-public di Bursa Efek Indonesia pada 2013 selama 5 tahun (2014-2018). Hasil penelitian menunjukkan strategi pertumbuhan internal melalui belanja modal pasca IPO berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja perusahaan, sementara strategi pertumbuhan internal melalui intensitas pemasaran dan strategi pertumbuhan eksternal pasca IPO menunjukkan pengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja perusahaan. Variabel kontrol umur perusahaan, ukuran perusahaan, dan pertumbuhan pendapatan menunjukkan pengaruh positif terhadap kinerja perusahaan, dengan pertumbuhan pendapatan sebagai satu-satunya variabel kontrol yang menunjukkan pengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan. |