Globalisasi menghilangkan batas-batas antar negara sehingga terbentuk pasar yang sangat besar bagi dunia bisnis. Untuk mencapai negara yang unggul, makmur, dan mampu bersaing dengan bangsa lain, UMKM mengambil peran penting dalam perekonomian negara. Pasar global menjadi peluang besar untuk UMKM mengembangkan bisnisnya dan tentunya untuk bersaing di pasar global membutuhkan strategi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bersaing UMKM Ruaya yang bergerak di bidang fashion craft dalam menciptakan keunggulan kompetitifnya di pasar global dengan dasar analisis eksternal dan internal perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus yang bersifat eksploratif. Data primer didapatkan melalui wawancara mendalam dengan tiga narasumber, yakni founder dan research and development Ruaya, serta pengamat ekonomi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa strategi bersaing yang digunakan Ruaya, yakni focused differentiation merupakan strategi yang tepat berdasarkan kondisi industrinya. Akan tetapi, strategi yang sudah tepat tersebut akan lebih baik dan efektif bila diimbangi dengan inovasi yang konsisten dan memaksimalkan pemasaran digital dari sisi internal perusahaan. |