Anda belum login :: 27 Nov 2024 00:57 WIB
Detail
BukuPerbandingan Performa Kendaraan Turbodiesel dengan Pengunaan Race Chip
Bibliografi
Author: Soewono, Arka Dwinanda (Advisor); Darmawan, Marten (Advisor); Heronimus, Patrick Aventino
Topik: Mesin Diesel; Race Chip; Kendaraan; Horsepower; Torsi; Emisi; Fuel Consumption
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2021    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Mesin diesel memiliki beberapa keuntungan dibandingkan mesin bensin yaitu tidak memerlukan busi untuk melakukan pembakaran dikarenakan mesin diesel melakukan pembakaran dengan kompresi (compression-ignition). Mesin diesel identik dengan efisiensi bahan bakarnya dan dikarenakan menggunakan kompresi tinggi maka cenderung lebih tahan lama dan lebih reliable bila dibandingkan dengan mesin bensin. Untuk meningkatkan performa kendaraan dapat dilakukan dengan banyak cara. Cara yang paling umum dilakukan untuk meningkatkan performa kendaraaan adalah dengan mengganti komponen atau dengan melakukan optimalisasi ECU pada kendaraan. Proses dilakukan optimalisasi ECU juga terdiri dari berbagai macam seperti proses remapping dan penggunaan tuning box. Salah satu tuning box yang umum digunakan adalah Race Chip dimana dapat meningkatkan output kendaraan menjadi lebih besar dalam waktu instan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar tenaga dan emisi yang dihasilkan serta konsumsi bahan bakar mesin diesel setelah dilakukan pemasangan Race Chip. Untuk mesin yang digunakan untuk penelitian ini adalah mesin dari Toyota Kijang Innova Reborn Tipe G yang memiliki kapasitas 2.393 cc dan memiliki kode 2GD-FTV. Metode penelitian ini bertujuan untuk membandingkan performa kendaraan sebelum dan setelah digunakannya Race Chip. Untuk variable yang diukur dan dibandingkan adalah fuel consumption, kadar karbon dalam gas buang, torsi dan horsepower yang dihasilkan oleh kendaraan. Untuk melakukan pengujian dilakukan dengan menggunakan chassis on-wheel dynamometer. Pengujian akan dilakukan 2 kali dengan kondisi AC mati dan kendaraan menggunakan bahan bakar yang sama.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)