Mobil hemat energi merupakan harapan pengganti mobil konvensional yang sudah dapat dinikmati di era ini. Salah satu fokus utama mobil hemat energi adalah efisiensi bahan bakar. Bobot mobil merupakan faktor penting dalam meningkatkan efisiensi mobil dan sasis merupakan salah satu penyumbang bobot terbesar bagi suatu kendaraan. Selain merupakan kunci untuk meningkatkan efisiensi, sasis juga memiliki peran penting sebagai kerangka yang kaku dan kuat untuk mobil. Tujuan tugas akhir ini adalah membangun sasis mobil yang akan diikutsertakan dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021. Rancangan sasis mengadopsi rancangan sasis mobil KMHE 2020 yang tidak terealisasi karena pandemi. Tahapan perancangan dimulai dari penjabaran product design specification yang berasal dari regulasi KMHE, perancangan konsep sasis dari penentuan masalah hingga penentuan varian solusi berdasarkan analisis, dan perancangan wujud sasis. Selain itu dilakukan beberapa simulasi pembebanan meliputi uji tarik towing hook, puntir longitudinal depan dan belakang, serta tarik longitudinal akselerasi dan pengereman agar dapat memenuhi regulasi keamanan KMHE. Data tegangan von Mises maksimum dan defleksi maksimum untuk pengujian tarik towing hook, puntir longitudinal depan dan belakang, serta tarik longitudinal akselerasi dan pengereman secara berturut-turut adalah 35,25 MPa dan 0,332 mm, 47,65 MPa dan 2,42 mm, 70,6 MPa dan 3,963 mm, 58 MPa dan 3,573 mm, 43,68 MPa dan 0,3536 mm. Kemudian didapat kekakuan puntir sasis depan dan belakang adalah 1445,99 N.m/º dan 1508,35 N.m/º. |