Secara umum materi pembahasan skripsi ini didasarkan pada penelitian perilaku konsumen terhadap suatu pasar swalayan. Perilaku konsumen memegang peranan penting bagi perkembangan pasar swalayan, karena melalui pengetahuan tentang perilaku konsumenlah dapat ditentukan hal-hal yang harus diutamakan dalam mengelola pasar swalayan. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menganalisa pola perilaku konsumen dan mempelajari pelaksanaan dan efektifitas strategi yang dijalankan perusahaan pasar swalayan dalam mengantisipasi pola perilaku konsumen tersebut. Penulisan skripsi ini ditunjang dengan penelitian pada PT. Hero Supermarket, sebuah perusahaan lokal yang bergerak di bidang pengelolaan pasar swalayan. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian deskiptif analitis, yang memungkinkan pengindentifikasian kebijaksanaan pelayanan yang dilakukan perusahaan dan mengetahui pengaruhnya terhadap persepsi konsumen pada pasar swalayan yang dikelola oleh PT. Hero Supermarket. Penelitian dilakukan penulis melalui dua kuesioner, yaitu persepsi terhadap tingkat kepentingan konsumen dan persepsi penilaian konsumen terhadap suatu pasar swalayan, dalam hal ini adalah pasar swalayan Hero cabang Pondok Indah, dengan jumlah responden mencapai enam puluh orang. Dari hasil penelitian tingkat kepentingan konsumen, penulis dapat menarik kesimpulan akan apa yang harus diutamakan dalam mengelola suatu pasar swalayan. Sementara dari hasil penelitian persepsi konsumen terhadap pasar swalayan Hero cabang Pondok Indah, penulis dapat mengetahui keadaan pasar swalayan Hero tersebut. Selanjutnya dengan dasar hasil penelitian, penulis dapat menyarankan kepada PT. Hero Supermarket hal-hal yang harus dipertahankan dan dikembangkannya untuk dapat menguasai pasar yang ada, Dalam menghadapi persaingan, pasar swalayan Hero harus dapat mempertahankan posisinya dengan tetap menyediakan kepada konsumen keunggulan-keunggulan pasar swalayan yang dikelolanya, meliputi asortimen barang yang baik, menentukan harga yang "jujur" terhadap barang yang dijual, respek terhadap konsumen yang tinggi, mampu menjadi pasar swalayan yang efisien dalam arti dapat menghemat waktu dan energi konsumen, dan menciptakan suasana berbelanja yang baik dan menyenangkan. |