Anda belum login :: 22 Nov 2024 19:29 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Hubungan Antara Intensitas Bermain Game Online Yang Bersifat Kekerasan Dan Perilaku Agresif Pada Anak Sekolah Dasar Di SDN 03 Penjaringan Tahun 2017
Bibliografi
Author:
Agus, Dharmady
(Advisor);
Gustaman, Lenny Ergina
(Examiner);
Kalele, Angel Deborah
Topik:
intensitas bermain game online bersifat kekerasan
;
perilaku agresif
;
anak.
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Sarjana Kedokteran - Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2021
Jenis:
Theses - Karya Tulis Ilmiah Kedokteran (KTI-FK) - Registration of Karya Tulis Ilmiah Kedokteran
Fulltext:
Angel Deborah Kalele_Lembar Administrasi.pdf
(73.2KB;
1 download
)
Angel Deborah Kalele_RegKTI_Tahun 2021.pdf
(829.21KB;
3 download
)
Abstract
Latar Belakang : Perilaku agresif merupakan perilaku yang diarahkan pada individu lain yang dilakukan dengan maksud untuk menyakiti atau menyebabkan kerugian pada orang tersebut. Pada perkembangannya, anak akan meniru lingkungan sekitarnya. Anak yang bermain game online bersifat kekerasan dalam intensitas tinggi akan meniru adegan yang ada di dalam game baik secara sadar maupun tidak sadar sehingga anak menjadi terbiasa menyaksikan adegan kekerasan, dan sebagai konsekuensinya perilaku agresif pada anak akan begitu mudah terbentuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas bermain game online yang bersifat kekerasan dan perilaku agresif pada anak.
Metode : Penelitian ini dilakukan secara potong lintang dengan menggunakan kuesioner MOAS untuk menilai perilaku agresif dan lembar data siswa untuk melihat intensitas siswa dalam bermain game online yang bersifat kekerasan. Responden minimum pada penelitian ini sebanyak 100 siswa. Data kemudian dianalisis dengan uji Chi-Square.
Hasil : Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji chi-square diperoleh nilai p sebesar 0,000 (sig<0,005). Hasil analisis bivariat menunjukkan Odd ratio yang didapatkan sebesar 4,222, yang artinya anak yang memiliki intensitas tinggi bermain game online yang bersifat kekerasan memiliki kemungkinan 4,222 kali untuk berperilaku agresif dibandingkan dengan anak yang memiliki intensitas rendah.
Kesimpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas bermain game online yang bersifat kekerasan dan perilaku agresif pada anak sekolah dasar di SDN 03 Penjaringan.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)