Anda belum login :: 23 Nov 2024 05:29 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
HUBUNGAN MASALAH PERILAKU DAN EMOSI DENGAN TINGKAT KEHADIRAN DAN PRESTASI AKADEMIK PADA ANAK SD KECAMATAN PENJARINGAN, JAKARTA UTARA
Bibliografi
Author:
Hasan, Surilena
(Advisor);
Tanoto, Agnes Margareta
Topik:
Masalah Perilaku dan Emosi
;
Tingkat Kehadiran Sekolah
;
Prestasi Akademik
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Sarjana Kedokteran - Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2020
Jenis:
Theses - Karya Tulis Ilmiah Kedokteran (KTI-FK) - Registration of Karya Tulis Ilmiah Kedokteran
Fulltext:
Agnes Margareta Tanoto_RegKTI_2020_1.pdf
(607.33KB;
9 download
)
Agnes Margareta Tanoto_LembarAdministrasi.pdf
(314.21KB;
0 download
)
Abstract
Latar Belakang: Masalah perilaku dan emosi anak dapat memengaruhi aktivitas anak sehari-hari termasuk proses belajar dan menimbulkan masalah sekolah yang dapat berkontribusi terhadap rendahnya tingkat kehadiran di sekolah dan prestasi akademik.
Tujuan: Mengetahui hubungan antara masalah perilaku dan emosi dengan tingkat kehadiran dan prestasi akademik pada anak SD Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.
Metode: Penelitian ini adalah penelitian potong lintang pada 515 siswa SD di Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara. Alat ukur yang digunakan adalah Strength and Difficulties Questionnaire (SDQ) yang langsung diisi oleh siswa, buku absensi siswa, dan nilai Ujian Tengah Semester yang merupakan data sekunder. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan bivariate (chi-square).
Hasil: Terdapat 32% responden dengan masalah perilaku dan emosi, 2.9% dengan tingkat kehadiran yang rendah, dan 49.1% dengan prestasi akademik yang kurang. Terdapat 3.0% responden dengan masalah perilaku dan emosi yang memiliki tingkat kehadiran rendah. Sedangkan terdapat 52.1% responden dengan masalah perilaku dan emosi yang memiliki prestasi akademik yang kurang. Analisis bivariat menunjukkan tidak ada hubungan bermakna antara masalah perilaku dan emosi terhadap tingkat kehadiran (p>0.05; 95% CI=0.316-2.799; OR=0.941) dan prestasi akademik (p>0.05; 95% CI=0.824-1.728; OR=1.193).
Kesimpulan: Masalah perilaku dan emosi pada anak tidak menentukan tingkat kehadiran dan prestasi akademik anak SD.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)