Ketika kemasan primer sediaan obat dibuka maka stabilitasnya akan berkurang. Stabilitas sediaan mempengaruhi mutu, efektivitas, dan keamanan sediaan obat, namun pengetahuan masyarakat terkait hal ini masih rendah. Oleh karena itu, dilakukan penelitian dengan menggunakan quasi experimental untuk menilai perbedaan efektivitas media edukasi terhadap pengetahuan terkait Beyond Use Date. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner, kemudian dilakukan analisis univariat, bivariat, dan multivariat dengan menggunakan software R. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa setelah diberikan edukasi terdapat pengaruh terhadap pengetahuan responden. Rata-rata nilai pengetahuan kelompok buku saku sebesar 41,22 (p-value=0,01, 95% CI=35,80-46,64) dan kelompok video 50,20 (p-value=0,01, 95% CI=44,89-55,50). Pada analisis regresi diperoleh hasil terdapat faktor yang mempengaruhi pengetahuan responden terkait Beyond Use Date yaitu media edukasi, usia, pendidikan, pekerjaan, dan gaya belajar. Media edukasi yang paling efektif untuk meningkatkan pengetahuan responden terkait BUD dalam penelitian ini adalah video (p-value=0,01, 95% CI=0,24-13,44). |