Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi impulsive buying pada pembelian online menggunakan mobile commerce dengan perspektif stimulus-organism-response (SOR) pada industri e-commerce. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling, yaitu penentuan sampel dengan kriteria tertentu dimana responden yang menjadi sampelnya adalah orang-orang yang berbelanja online dengan menggunakan telepon pintar atau yang dikenal dengan istilah mobile commerce pada platform e-commerce Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli.com, JD.ID, Aliexpress, Alfacart atau lainnya. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM). Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa architectural quality of website, promotion campaign, dan enjoyment berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying. Positive affect memiliki pengaruh parsial mediasi pada hubungan architectural quality of website, enjoyment terhadap impulsive buying, positive affect sebagai variabel mediasi tidak mempengaruhi hubungan antara promotion campaign terhadap impulsive buying. |