Dalam mengantisipasi persaingan yang semakin ketat dalam industri Kasur pegas (Spring bed), PT. JATI AGUNG PUTRA MANDIRI sebagai produsen Bella dan Champion Spring bed, harus menjalankan usaha pemasaran yang aktif agar dapat memasarkan produknya secara lebih baik dari pesaingnya. Dalam upaya memasarkan produk dengan baik, perusahaan perlu menerapkan strategi promosi yang tepat untuk meningkatkan penjualan perusahaan dan menghasilkan laba yang maksimal. PT. JATI AGUNG PUTRA MANDIRI memproduksi Kasur pegas (Spring bed) dengan kapasitas produksi 150 set per hari serta mengadaptasi teknologi pemrosesan dari Amerika. Perusahaan melaksanakan berbagai kebijakan bagi setiap elemen bauran pemasaran yang meliputi: produk, harga, distribusi dan promosi agar dapat memasarkan produknya dengan baik. Dalam melakukan kegiatan promosinya perusahaan menerapkan strategi bauran promosi yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, publisitas dan penjualan perseorangan. Strategi bauran promosi yang efektif pada masa pertumbuhan adalah promosi penjualan dan periklanan yang gencar, perlahan-lahan mengurangi penjualan perseorangan, dan publisitas dilakukan pada saat-saat khusus saja. Berdasarkan analisa daur hidup produk, Kasur pegas (Spring bed) berada dalam tahap pertumbuhan. Strategi bauran promosi yang dilakukan oleh PT. JATI AGUNG PUTRA MANDIRI adalah menekankan pada promosi penjualan dan periklanan yang didukung oleh publisitas. Strategi bauran promosi yang dilakukan oleh perusahaan tersebut memberikan dampak yang positif terhadap penjualan. Hasil survei yang dilakukan oleh penulis menunjukkan bahwa kesadaran merk dan minat yang tinggi serta kehendak, tindakan pembelian, dan kepuasan yang cukup baik terhadap produk perusahaan. Perusahaan diharapkan melakukan tindakan perbaikan agar strategi bauran promosi dapat lebih efektif lagi dalam mempengaruhi penjualan seperti perbaikan sistim bonus dalam promosi penjualan dan menjalankan publisitas yang lebih mantap. |