Anda belum login :: 22 Nov 2024 23:23 WIB
Detail
BukuHUBUNGAN MASALAH PERILAKU DAN EMOSI DENGAN POLA ASUH DAN RELASI KELUARGA PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PENJARINGAN JAKARTA UTARA
Bibliografi
Author: Hasan, Surilena (Advisor); Teresa, Adela
Topik: Orang tua; Siswa SD; masalah perilaku dan emosi; pola asuh; relasi keluarga
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Sarjana Kedokteran - Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2020    
Jenis: Theses - Karya Tulis Ilmiah Kedokteran (KTI-FK) - Registration of Karya Tulis Ilmiah Kedokteran
Fulltext:
Abstract
Latar Belakang : Masalah perilaku dan emosi pada anak meningkat setiap tahunnya dan
dipengaruhi oleh pola asuh dan relasi keluarga.
Tujuan Penelitian : Mengetahui hubungan masalah perilaku dan emosi dengan pola asuh dan
relasi keluarga pada siswa sekolah dasar di Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara.
Metode : Penelitian crossectional bulan Maret 2019 – Maret 2020, pada 231 orang tua siswa
kelas IV-VI SD, di SDN 08 dan SDN 10 Penjaringan Jakarta Utara, menggunakan kuesioner
demografi, Strength and Difficulty Questionnaire (SDQ), dan Family Adaptability Cohesion
Evaluation Scale (FACES III).
Hasil : Penelitian ini menunjukan 11,7% anak dengan masalah perilaku dan emosi, diantaranya
14,3% masalah emosional, 13,9% masalah hubungan dengan teman, dengan 93,1% tipe pola
asuh non-exposure (tipe A), 64,1% tipe relasi keluarga mid range, 76,6% tingkat sosioekonomi
keluarga kurang. Uji analisis bivariat (chi-square) menunjukan hubungan bermakna antara
masalah perilaku dan emosi dengan relasi keluarga (p <0,05).
Kesimpulan : Keluarga memiliki peranan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak baik
dari aspek fisik dan mental (masalah perilaku dan emosi).
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.140625 second(s)