Anda belum login :: 27 Nov 2024 04:06 WIB
Detail
BukuPrediksi Attitude Towards Behavior, Subjective Norms, dan Perceived Behavioral Control terhadap Intensi Konsumen Dewasa Awal untuk Membeli Produk Slow Fashion
Bibliografi
Author: Herabadi, Astrid Gisela (Advisor); Agatha, Priscilla
Topik: theory of planned behavior; attitude towards behavior; subjective norms; perceived behavioral control; slow fashion; sustainable; konsumen
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2021    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Slow fashion adalah konsep mengenai fashion yang holistik. Konsep ini tidak hanya megutamakan laju kuantitas produksi sampai penggunaan yang lebih lambat, tetapi juga melindungi kesejahteraan pihak yang terlibat di industri tersebut. Konsep ini menjadi salah satu alternatif mengatasi isu lingkungan yang terjadi saat ini. Kendati demikian, ada faktor yang membuat konsumen di Indonesia belum sepenuhnya menerima slow fashion, misalnya seperti kenyamanan, harga, serta kemudahan untuk mengakses. Berkaitan dengan hal tersebut, penting untuk mengetahui faktor apa yang membuat konsumen akan lebih memilih produk slow fashion. Oleh karena itu, peneliti ingin melihat faktor yang paling memprediksi keinginan konsumen untuk membeli produk slow fashion dengan menggunakan pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data diambil menggunakan kuesioner secara daring. Instrumen penelitian dibuat oleh peneliti berdasarkan salient beliefs responden dan sesuai dengan teori dari Fishbein dan Azjen. Kriteria responden yang diperoleh adalah berusia 18-30 tahun, serta berdomisili di Jabodetabek. Metode sampling yang digunakan adalah convenience sampling, dan mendapatkan partisipan sebanyak 257 orang. Analisis data penelitian menggunakan multilple regression karena ingin melihat faktor yang paling memprediksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa attitude towards behavior, subjective norms, serta perceived behavioral control dapat memprediksi intensi pembelian produk slow fashion sebanyak 62.7%. Perceived behavioral control menjadi prediktor yang paling signifikan konsumen dewasa awal dalam intensinya untuk membeli produk slow fashion yaitu sebesar 61.6% kemudian diikuti dengan attitude towards behavior. Saran yang diajukan peneliti kepada pihak-pihak yang berkecimpung di industri slow fashion adalah dilakukan promosi atau pengenalan produk di media yang mudah diakses, agar konsumen merasa memiliki kontrol karena sudah familier dengan produk-produk slow fashion.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.40625 second(s)