Anda belum login :: 22 Nov 2024 23:25 WIB
Detail
BukuGambaran Stres Dan Coping Pada Guru Sd di Jabodetabek Selama Pandemi Covid-19
Bibliografi
Author: Hestyanti, Yohana Ratrin (Advisor); Karen, Debora Musica
Topik: Stres; Coping; Guru SD; Brief COPE
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2021    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Guru merupakan salah satu profesi yang mengalami dampak pandemi COVID-19. Terbitnya Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19 mengakibatkan penutupan sekolah yang mengubah sistem belajar tatap muka menjadi sistem pembelajaran daring (online learning). Berbagai perubahan dalam sistem mengajar mengakibatkan bertambahnya beban tanggung jawab guru, khususnya guru SD yang mengajar siswa dengan tahapan perkembangan concrete
operational yang masih sangat membutuhkan bimbingan secara intensif. Berbagai perubahan selama pandemi menimbulkan berbagai tuntutan dan kendala sehingga mengakibatkan stres pada guru. Ketika stress terjadi, maka sangat dibutuhkan strategi coping yang sesuai untuk membantu mengatasi atau meredakan kondisi stress tersebut. Berkaitan dengan hal tersebut, peneliti ingin melihat gambaran stress dan coping-stres pada guru SD di Jabodetabek selama masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan
metode pengambilan data menggunakan kuesioner secara daring melalui format google form. Alat ukur yang digunakan adalah Perceived Stress Scale yang terdiri dari 14 item dan Brief COPE yang terdiri dari 28 item. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling yang memperoleh 128 partisipan. Karakteristik partisipan adalah guru SD di Jabodetabek yang menggunakan pembelajaran daring selama masa pandemi COVID-19. Analisis data yang dilakukan adalah teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian dengan analisis secara deskriptif dinyatakan secara mean dan standard deviasi. Pada alat ukur Perceived Stress Scale (M=40.492, SD=6.79) guru SD di Jabodetabek sebanyak 44% mengalami tingkat stress tinggi, 55% mengalami tingkat stres sedang, dan 1% mengalami tingkat stress yang rendah selama pandemi COVID-19. Sedangkan hasil dari Brief COPE ditemukan bahwa skor mean terbesar pada domain Avoidant Coping di subskala Self-distraction (M = 3.554, SD = 0.625)
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)