Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:49 WIB
Detail
BukuGAMBARAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA YANG DIBERIKAN KEPADA ANAKNYA YANG MENGALAMI SPEECH DELAY
Bibliografi
Author: Warmiyati, M. Tri (Advisor); Ericson, James Richard
Topik: dukungan sosial; orang tua; anak speech delay
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2021    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Periode penting dalam tumbuh kembang anak adalah masa balita karena pada masa
ini perkembangan kemampuan berbahasa, kreativitas, kesadaran sosial, emosional, moral,
dasar-dasar kepribadian, dan intelegensi berjalan sangat cepat dan merupakan landasan
perkembangan berikutnya. Oleh sebab itu diperlukan rangsangan atau stimulasi yang
berguna agar potensi anak dapat berkembang baik. Keterlambatan bicara pada anak
didefinisikan sebagai ketidaknormalan kemampuan berbicara seorang anak jika
dibandingkan dengan kemampuan anak seusia dengannya. Anak berkebutuhan khusus
membutuhkan dukungan sosial yang baik dari lingkungannya oleh sebab itu dukungan yang
diberikan oleh orang tua sangat penting bagi perkembangan anak yang berkebutuhan
khusus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran dukungan sosial orang tua
yang diberikan kepada anaknya yang mengalami speech delay.
Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif dan jenis pendekatan fenomenologi
dengan wawancara sebagai metode pengambilan data. Pemilihan narasumber dilakukan
dengan metode purposive sampling. Kriteria partisipan yang digunakan adalah orang tua
yang memiliki dan mengasuh anak yang telah memiliki tanda-tanda speech delay dan orang
tua merupakan pengasuh utama. Jumlah partisipan yang peneliti dapatkan berjumlah tiga
orang narasumber utama.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa partisipan dalam memberikan
dukungan sosial kepada anaknya melalui empat aspek dukungan yaitu aspek informasi,
emosional, instrumental dan penghargaan. Bentuk dukungan emosional berupa memeluk
anak dan kata sayang serta memberikan hadiah; dukungan instrumental berupa memberikan
buku gambar dan menemani nonton TV serta gadget, dukungan informasi dengan
mengajari anak saat belajar, bermain dan nonton TV. Tontonan yang dikonsumsi oleh anak
menyebabkan anak mendapatkan pembelajaran yang beragam, termasuk pengaruh
kemampuan berbicara pada anak. Peneliti berharap penelitian berikutnya dapat
menyertakan behaviour checklist kemampuan bicara anak dan ketersediaan orang tua yang
lengkap dalam wawancara untuk mengembangkan penelitian yang dilakukan lebih dalam.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)