Anda belum login :: 22 Nov 2024 23:56 WIB
Detail
BukuFive C's of Positive Youth Development pada Asisten Dosen Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya
Bibliografi
Author: Suryani, Angela Oktavia (Advisor); Ferdian, Flaviana Rinta (Advisor); Djuarsa, Jonathan
Topik: Positive Youth Development; Five C’s of PYD; Asisten Dosen; teenagers-as-teachers program
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2021    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat Five C’s of PYD pada diri mahasiswa yang menjalani kegiatan sebagai asisten dosen serta menggali informasi mengenai gambaran Five C’s of PYD asisten dosen selama menjalani kegiatan sebagai asisten dosen. Penelitian dilakukan dengan metode campuran eksplanatori (explanatory sequential mixed method) untuk menggali data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif pada penelitian ini adalah tentang tingkat Five C’s of PYD pada diri asisten dosen dan akan diperjelas dengan data kualitatif mengenai gambaran perkembangan Five C’s of PYD. Penelitian ini penting untuk dilakukan karena kegiatan asisten dosen sebenarnya dianggap dapat mengembangkan Five C’s of PYD pada diri anak muda, namun ternyata minat mahasiswa Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya (FPUAJ) masih cenderung rendah sehingga FPUAJ masih mengalami kekurangan asisten dosen. Oleh karena itu, penelitian ini dapat berguna untuk menggambarkan tingkat dan perkembangan Five C’s of PYD pada diri mahasiswa apabila mereka menjadi asisten dosen sehingga di kemudian hari dapat meningkatkan minat mahasiswa FPUAJ untuk menjadi asisten dosen. Metode pemilihan partisipan pada penelitian ini menggunakan teknik sensus sampling karena populasi partisipan berjumlah 80 sehingga memungkinkan untuk meminta seluruh populasi menjadi sampel penelitian. Berdasarkan teknik sampling tersebut diperoleh 76 partisipan untuk memenuhi kebutuhan data kuantitatif. Sampling partisipan kualitatif dilakukan dengan homogenous sampling kepada 76 partisipan kuantitatif yang turut serta dalam pengumpulan data kuantitatif. Berdasarkan teknik sampling kualtitatif tersebut diperoleh lima orang partisipan. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah alat ukur Five C’s of PYD untuk mengumpulkan data kuantatif. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data kualitatif pada penelitian ini adalah panduan wawancara yang disusun mandiri oleh peneliti dengan mempertimbangkan umpan balik dari dosen pembimbing. Data kuantitatif pada penelitian ini dianalisis secara deskriptif, sedangkan data kualitatif pada penelitian ini dianalisis dengan teknik thematic analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat Five C’s of PYD pada asisten dosen cenderung tinggi. Hasil tersebut dilihat dari nilai rata-rata tiap dimensi yang menunjukkan nilai di atas nilai tengah (skor=3) alat ukur kuantitatif yang digunakan. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa gambaran perkembangan Five C’s of PYD mahasiswa saat menjadi asisten dosen dapat dilihat ketika mereka melakukan berbagai kegiatan seperti menjawab pertanyaan mahasiswa, membantu menjelaskan materi, dan memberi umpan balik. Kegiatan-kegiatan tersebut diyakini dapat mengembangkan kompetensi, kepercayaan diri, karakter dan etika, kepedulian, serta hubungan seorang asisten dosen.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)