Anda belum login :: 23 Nov 2024 20:52 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Perbedaan College Adjustment Pada Mahasiswa Berdasarkan Status Pekerjaan Ibu
Bibliografi
Author:
Partasari, Wieka Dyah
(Advisor);
Ulyna, Charlitta Maura Natasha
Topik:
college adjustment
;
mahasiswa
;
status pekerjaan ibu
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2021
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
2016070044, Charlitta Maura Natasha Ulyna, Wieka Dyah Partasari, Perbedaan College Adjustment Pada Mahasiswa Berdasarkan Status Pekerjaan Ibu, 16 Juli 2021.pdf
(1.11MB;
18 download
)
2016070044_Charlitta Maura Natasha Ulyna_LembarAdministrasi.pdf
(987.65KB;
2 download
)
Abstract
Masa transisi dari SMA ke perguruan tinggi dapat menjadi sumber ketegangan dan tekanan yang besar. Beragam kesulitan yang dialami oleh mahasiswa pada saat transisi menunjukan perlunya penyesuaian. Penyesuaian diri atau College adjustment dianggap penting karena ketika mahasiswa melalui masa transisi diperlukan penyesuaian diri untuk menghadapi kesulitan yang ada. Dari berbagai faktor yang mempengaruhi college adjustment, penelitian ini berfokus pada status pekerjaan ibu. Ibu memiliki ikatan yang erat dengan anaknya sehingga status pekerjaan ibu memiliki pengaruh kepada kuantitas dan kualitas waktu yang dihabiskan ibu dengan anak, yang kemudian juga mempengaruhi penyesuaian diri anak.Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan college adjustment pada mahasiswa berdasarkan status pekerjaan ibu. Alat ukur yang digunakan adalah Student Adaptation to College Questionnaire (SACQ) Baker dan Siryk yang diadaptasi ke dalam Bahasa Indonesia. Alat ukur ini memiliki 4 aspek (academic adjustment, social adjustment, personal-emotional adjustment, dan institutional attachment) dengan total 67 item. Penelitian ini melibatkan 120 mahasiswa tingkat 1 di perguruan tinggi daerah Jabodetabek. Peneliti mendapatkan partisipan dengan menggunakan metode non-probability sampling, teknik convenience sampling. Hasilnya di analisis menggunakan teknik independent sample T-Test (academic adjustment dan personal-emotional attachment) dan Mann-Whitney U (social adjustment dan institutional attachment). Hasil yang didapatkan adalah tidak ada perbedaan yang signifikan pada masing-masing aspek college adjustment berdasarkan status pekerjaan ibu. Namun apabila dilihat dari rata-ratanya, mahasiswa dengan ibu bekerja cenderung mendapatkan skor yang lebih tinggi pada aspek academic adjustment dan social adjustment. Sementara mahasiswa dengan ibu yang tidak bekerja cenderung mendapatkan skor yang lebih tinggi pada aspek personal-emotional adjustment dan institutional attachment. Salah satu keterbatasan ilmiah dari penelitian ini adalah pengambilan data dilakukan pada pandemi, ketika mahasiswa berkuliah secara daring. Peneliti selanjutnya bisa melakukan penelitian ketika pandemi sudah selesai atau melakukan adaptasi alat ukur yang bisa digunakan di masa pandemi.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.28125 second(s)