PT X air Service merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa penerbangan borongan yang mempergunakan baik rotary wing (helikopter) maupun fixed wing (pesawat terbang) untuk melayani permintaan konsumen, dimana masih terbatas pada perusahaan-perusahaan minyak swasta asing ataupun nasional. Pada saat ini, perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidak jasa penerbangan borongan semakin banyak sehingga menimbulkan adanya suatu persaingan yang sangat kuat didalam pasar. Untuk itu, perusahaan harus dapat membuat suatu keunggulan kompetitif tersendiri, yaitu dengan menciptakan dan mengendalikan mutu jasa yang diberikan kepada konsumen agar dapat memenuhi keinginan konsumen. Upaya peningkatan mutu yang dilakukan oleh perusahaan adalah dengan berusaha untuk memperoleh sertifikasi ISO-9001. Dengan melalui berbagai persyaratan yang ketat, perusahaan memperbaiki sistem manajemennya sekaligus meningkatkan penjualan perusahaan dengan harapan bahwa mutu jasa yang lebih baik menjadi pilihan konsumen. Akhirnya, perusahaan berhasil memperoleh sertifikasi ISO-9001 pada bulan Desember 1995. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari perolehan sertifikasi ISO-9001 yang telah diterapkan oleh perusahaan dari bulan Desember 1995 terhadap tingkat penjualan penjualan. Dengan mengolah data-data yang diberikan oleh perusahaan, maka ditarik suatu kesimpulan bahwa sertifikasi ISO-9001 tidak berpengaruh terhadap tingkat penjualan melainkan berpengaruh pada sistem manajemen perusahaan, yang mungkin kelak dapat berguna bagi perusahaan, terutama dalam mempertahankan pangsa pasarnya dan meningkatkan penjualannya. |