Anda belum login :: 27 Nov 2024 06:46 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Peranan Riset Pemasaran untuk Mengidentifikasi Segmen Pasar yang Potensial bagi Penjualan Berbagai Jenis Sepeda Motor Honda pada PT Astra International HSO (Studi Kasus Di Daerah Cengkareng, Jakarta Barat)
Bibliografi
Author:
Salinata, Agus Susanto
;
Udaya, Yusuf
(Advisor)
Topik:
MARKETING
;
Segmentasi Pasar
;
Riset Pemasaran
;
Pasar Potensial
;
Bauran Pemasaran
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
1997
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Agus Susanto Salinata's Undergraduate Theses.pdf
(9.16MB;
19 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FEM-2833
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Indonesia merupakan negara berkembang dengan tingkat populasi yang besar. Dengan jumlah penduduk lebih dari 200 juta jiwa dan tingkat pertumbuhan rata-rata sebesar 1,6% per tahun menjadikan Indonesia sebagai pasar potensial yang cukup luas bagi berbagai macam produk perusahaan. Sejalan dengan peningkatan pendapatan per kapita per tahun membuat Indonesia memiliki daya tarik bagi pengembangan dunia usaha pada sektor industri, termasuk dalam bidang otomotif. Dewasa ini, jumlah perusahaan yang bergerak dalam bidang otomotif meningkat dengan cepat berikut produk-produk yang dihasilkannya, seiring dengan bertambahnya permintaan masyarakat akan kendaraan bermotor sebagai alat transportasi. Akibat dari banyaknya produk otomotif yang beredar di tengah masyarakat, baik dalam jumlah, merek dan jenis kendaraan, menjadikan persaingan yang muncul sangat ketat karena masing-masing perusahaan mencoba untuk merebut pangsa pasar semaksimal mungkin. Menilik situasi pasar dan tingkat persaingan yang semakin ketat membuat perusahaan menyadari bahwa ia tidak dapat melayani semua konsumen dalam pasar tersebut, karena konsumen terlalu besar jumlahnya, terlalu tersebar dan bervariasi prilaku konsumsinya. Oleh karena itu perusahaan perlu mengenali dan menganalisa karakteristik-karakteristik geografik, demografik, psikografik dan prilaku sehingga pada akhirnya perusahaan dapat mengetahui karakteristik mana yang menjadi determinan penting dalam prilaku pembelian konsumen potensial. Dalam hal ini riset pemasaran memegang peranan penting yaitu menyajikan informasi-informasi yang akurat agar dapat menyegmentasi pasar sasaran dengan tepat. Mengacu pada hal di atas, maka berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis dapat diperoleh kesimpulan bahwa perbedaan jenis kelamin di antara konsumen potensial sepeda motor Honda tidak memberikan perbedaan yang berarti dalam hal pembelian terhadap berbagai jenis sepeda motor Honda. Sebaliknya, perbedaan dalam hal tingkat usia, jenis pekerjaan, tingkat penghasilan maupun status pernikahan ternyata mempengaruhi/memberikan perbedaan yang berarti dalam hal pembelian terhadap berbagai jenis sepeda motor Honda. Dengan memperhatikan hasil penelitian ini maka diharapkan perusahaan dapat meningkatkan volume penjualan produk-produknya dan merebut pangsa pasar yang lebih besar lagi. Memenangkan pangsa pasar adalah salah satu faktor kunci untuk mencapai kepemimpinan atau posisi nomor satu dalam jenis industri apapun. Untuk itu dibutuhkan perencanaan matang, riset pemasaran terpadu, strategi pasar yang baik dan taktik yang tepat.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)