PT. XYZ (bukan nama perusahaan yang sebenarnya) adalah perusahaan yang bergerak di dalam bidang jasa telekomunikasi. Adapun produk yang dipasarkan adalah telephone selular atau yang lazimnya disebut Handphone atau Ponsel. Kegiatan promosi yang dilakukan oleh perusahaan adalah dalam bentuk periklanan baik di media cetak ataupun pada media elektronik, juga melalui pertemuan para agen (Dealer Meeting), benda-benda souvenir, dan publikasi. Tetapi yang lebih diutamakan adalah melalui promosi penjualan. Kendala yang dihadapi oleh perusahaan pada saat ini adalah sejauh mana kegiatan promosi dilakukan dengan mempertimbangkan tahap-tahap kehidupan produk, segmentasi pasar, daya jangkau sasaran komunikasi, dan penggunaan dana yang efesien, serta bagaimana pengaruh promosi terhadap penjualan. Hal yang dilakukan penulis dalam mencari data-data adalah dengan wawancara, daftar pertanyaan, serta pengamatan langsung, baru menentukan masalah yang dihadapi oleh perusahaan sekaligus mencari cara-cara pemecahan permasalahnya. Dari hasil pengamatan dan perhitungan yang dilakukan oleh penulis terhadap pengaruh kegiatan promosi pada hasil penjualan dengan menggunakan metode koefisien korelasi diperoleh hasil +0,8694 dengan koefisien penentu diperoleh hasil 75,59% dan sisanya sebesar 24,41% disebabkan oleh faktor-faktor dari fungsi pemasaran lainnya. Pada bab terakhir adalah mengenai kesimpulan dan saran yang memberikan kesimpulan dari hasil pengamatan mengenai pengaruh kegiatan promosi terhadap hasil penjualan PT. XYZ disertai saran-saran yang diperlukan. |