Friction Stir Welding (FSW) adalah metode pengelasan padat yang sedang berkembang saat ini. Metode ini banyak digunakan pada industri manufaktur, salah satunya adalah industri otomotif yang digunakan untuk pengelasan rangka mobil. Dual Phase Steel menjadi material yang dipilih untuk digunakan pada rangka mobil karena memenuhi kriteria kuat, dengan mampu bentuk dan crashworthiness yang tinggi. DP Steel menjadi pilihan yang diperoleh dari transformasi Baja C-Mn melalui proses intercritical annealing. Proses FSW dilakukan pada DP Steel dengan kecepatan putar 1541 RPM serta gerak makan 45mm/menit dan 75mm/menit. Software Abaqus 6.14 digunakan untuk mengetahui profil temperatur yang terjadi selama proses FSW. Dari hasil pengelasan teramati adanya cacat pengelasan pada setiap benda kerja berupa surface galling, surface lack of fill, dan lack of penetration. Temperatur maksimum proses FSW yang didapat dengan menggunakan simulasi Abaqus sebesar 1173°C pada gerak makan 45mm/menit dan 1082°C pada gerak makan 75mm/menit. Parameter yang sesuai pada proses FSW untuk DP Steel yaitu dengan gerak makan 75mm/menit yang memberikan cacat minimum. |