PT. Toyota Astra Motor adalah suatu agen tunggal kendaraan bermotor roda empat merk Toyota. Kegiatan utamanya adalah menyalurkan, pelayanan purna jual serta menyediakan suku cadang mobil-mobil tersebut. Pada saat ini perusahaan menghadapi pesaing-pesaing yang tangguh dari segi kualitas, harga dan model kendaraan. Dari hasil penelitian, untuk mengukur sejauh mana peranan penjualan pribadi dalam meningkatkan penjualan yaitu dengan membandingkan antara pertambahan atau pengurangan terhadap biaya wiraniaga dengan kenaikan atau penurunan volume penjualan, diuraikan dengan menggunakan analisa koefisien korelasi yang menghasilkan angka sebesar 0,97 yang berarti ada hubungan yang kuat dan positif. Sedangkan menurut analisa determinasi diperoleh hasil yang menunjukkan biaya variabel wiraniaga memberikan sumbangan sebesar 94% terhadap penjualan. Selain itu diperoleh hasil sebesar 7,3519 dari pengujian hipotesa yang menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif antara biaya wiraniaga dengan volume penjualan. |