Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:34 WIB
Detail
BukuKemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP 177 Jakarta Selatan Tahun Ajaran 2019/2020
Bibliografi
Author: Nugroho, G. Bambang (Advisor); Noengsih, Anastasia
Topik: Kemandirian Belajar
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia A     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2021    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Kemandirian belajar adalah kemampuan siswa dalam merencanakan dan memilih kegiatan belajar, berinisiatif dan memacu diri untuk belajar, bertanggungjawab, dan belajar dengan penuh percaya diri. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar siswa SMPN 177 Jakarta Selatan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian menggunakan instrumen skala penilaian kemandirian belajar. Ujicoba terpakai dilakukan untuk mengetahui reliabilitas instrumen dan validitas pernyataan menggunakan rumus persentase. Diketahui reliabilitas instrumen sebesar 0.968 dan pernyataan valid sebanyak 52 pernyataan dan pernyataan tidak valid sebanyak 12 pernyataan. Subjek penelitian adalah siswa SMPN 177 yang berjumlah 34 subjek. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar siswa SMPN 177 memiliki kemandirian belajar pada klasifikasi tinggi siswa (47%). Berdasarkan hasil analisis rata-rata skor komponen, diketahui bahwa komponen yang paling dominan pada siswa SMPN 177 adalah komponen bertanggung jawab Sedangkan komponen yang paling tidak dominan adalah komponen belajar dengan penuh percaya diri dan merencanakan memilih kegiatan belajar. Peneliti memberikan saran kepada guru BK SMP 177 Jakarta Selatan agar mengadakan konseling individual agar siswa dapat percaya diri terhadap dirinya serta dan memilih dan merencanakan kegiatan belajar yang tepat bagi dirinya.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)