Anda belum login :: 27 Nov 2024 00:12 WIB
Detail
BukuPenggunaan Simulink Untuk Simulasi Kinerja Motor BLDC Terhadap Sistem Kelistrikan Mobil Hemat Energi
Bibliografi
Author: Tobing, Sheila (Advisor); Wahyubramanto, Satrio ; Adeatma A., Yohanes (Advisor)
Topik: kontes mobil hemat energi; ramah lingkungan; motor BLDC; sistem kelistrikan; torsi motor
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2021    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) merupakan lomba tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi Indonesia, peserta dari kegiatan ini merupakan seluruh mahasiswa teknik di Indonesia yang bertujuan untuk mewadahi kreativitas mahasiswa seluruh Indonesia dalam merancang, membangun, menguji, dan mengkompetisikan mobil hemat energi yang aman dan ramah lingkungan. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya merupakan salah satu perguruan tinggi yang telah mengirimkan Tim Workshop Mesin untuk berpartisipasi dalam KMHE 2019.
Melalui eksperimen tentang motor BLDC, diketahui bahwa sistem Brushless Direct Current merupakan motor yang memiliki efisiensi tertinggi dengan daya dihasilkan secara maksimal 1000 Watt (W), voltase yang dibutuhkan 48 Volt (V) dan pembebanan sebesar 20 Ampere (A), pada bagian power supply dibuat dengan battery lithium-ion dengan 58,8 V dengan jumlah 98 baterai.
Tugas akhir ini membahas mengenai rancang bangun sistem kelistrikan mobil hemat energi yang telah sesuai dengan regulasi KMHE 2019 dan akan digunakan untuk mengikuti KMHE tahun 2021. Kesimpulan yang ada pada eksperimen dengan program simulink MATLAB R2020a bahwa motor BLDC dengan percobaan kecepatan putar dari 100-900 rpm didapatkan torsi motor sebesar 30 Nm dan memiliki daya sekitar 960 W dan telah melebihi kebutuhan yang telah diperhitungkan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)