Deskripsi Produk BPK Luning adalah sebuah bisnis yang bergerak dibidang food and beverage. Bisnis ini menawarkan produk olahan daging babi khas suku Batak karo. Visi Menjadikan BPK Luning sebagai bisnis yang bergerak di bidang makanan tradisional yang terbaik dan disukai pelanggan karena rasa, kualitas masakannya dan disegani pesaing. Kami mengutamakan kepuasan pelanggan dengan tetap memperhatikan pertumbuhan usaha berkelanjutan kami, menjaga etika bisnis dan mempertahankan budaya karo sebagai identitas bisnis kami. Misi Menawarkan dan menyediakan bisnis kuliner pilihan utama masyarakat Medan penyuka Masakan Khas Karo yang menyediakan Babi Panggang Karo sebagai menu andalan kami. Kami selalu mengutamakan rasa dan kualitas, setiap produk kami dan memberikan keramahan dan kenyamanan dalam setiap layanan kami. Strategi Pasar a. Target pasar : Pria dan wanita berumur 6 tahun sampai dengan 80 tahun yang berada di wilayah Kota Medan. b. Strategi produk : “BPK Luning” menawarkan produk utama yaitu paket Nasi Babi Panggang yang berisi nasi, babi panggang, sayur daun singkong, sambal darah, dan sambal hijau. “BPK Luning” juga menawarkan paket Nasi Iga Bakar yang berisi nasi, iga bakar, sayur daun singkong, sambal darah, dan sambal hijau. xii c. Strategi harga : “BPK Luning” menggunakan strategi Penetration Pricing dengan metode Cost-Plus-Pricing. Penetration Pricing adalah menentukan harga serendah-rendahnya atau murah dengan tujuan untuk penetrasi pasar dengan cepat dan juga membangun loyalitas merek dari pada konsumen. d. Strategi tempat : berlokasi di Jalan Nibung Raya, Medan. e. Strategi promosi : strategi promosi yang di lakukan yaitu menggunakan media sosial, media cetak, dan endorse. Go-Food dan GrabFood menjadi senjata utama dalam penjualan. Target Keuntungan Kebutuhan dana awal pendirian bisnis sebesar Rp52.643.224 dengan laba bersih yang diperoleh dari tahun 2020 hingga 2025 secara berturut-turut adalah Rp143.845.055, Rp180.611.220, Rp246.396.072, Rp183.200.150, dan Rp240.434.763. Dengan asumsi persentase peningkatan total penjualan sebesar 10% dan kenaikan harga Rp1.000 setiap tahunnya. |