Anda belum login :: 24 Nov 2024 02:48 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pengaruh antara Financial Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Reputasi Auditor, dan Reputasi Underwriter terhadap Tingkat Underpricing pada Perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) terdaftar di BEI 2015 - 2019
Bibliografi
Author:
Thenu, Theresia Helen Kristina
;
Pambudi, Rilo
(Advisor)
Topik:
Underpricing
;
Financial Leverage
;
Profitabilitas
;
Ukuran Perusahaan
;
Umur Perusahaan
;
Reputasi Auditor
;
Reputasi Underwriter
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Sarjana Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2021
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Theresia Helen Kristina Thenu_Undergraduated Theses_2021.pdf
(1.59MB;
17 download
)
2016012310_Theresia Helen Kristina Thenu_Lembar Administrasi_.pdf
(940.51KB;
4 download
)
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh antara financial leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan, umur perusahaan, reputasi auditor, dan reputasi underwriter terhadap tingkat underpricing pada perusahaan yang melakukan IPO yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015 – 2019. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah tingkat underpricing, sedangkan variabel independen adalah financial leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan, umur perusahaan, reputasi auditor, dan reputasi underwriter.
Metode yang digunakan untuk menentukan sampel dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling dan diperoleh sampel perusahaan yang melakukan IPO dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2019. Penelitian ini menggunakan regresi linear dengan data sekunder yang diperoleh dari laman resmi Bursa Efek Indonesia sebanyak 175 perusahaan yang melakukan IPO dan diantaranya terdapat 81 perusahaan yang mengalami underpricing.
Hasil yang diperoleh dari penelitian dengan menggunakan uji F dan uji T adalah sebagai berikut, dari uji F diperoleh p-value sebesar 0,008 lebih rendah dari tingkat signifikasi 0,005 sehingga dapat disimpulkan bahwa keenam variabel yang diteliti pada penelitian ini bersama-sama berpengaruh secara simultan terhadap underpricing. Dari uji T diperoleh hasil bahwa Ukuran Perusahaan, Reputasi Auditor, dan Reputasi Underwriter berpengaruh signifikan terhadap tingkat Underpricing. Financial Leverage, Profitabilitas, dan Umur Perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat Underpricing.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)