Anda belum login :: 23 Nov 2024 21:25 WIB
Detail
BukuPENELITIAN AWAL ANALISIS PENGGUNAAN CFRP SEBAGAI MATERIAL FUEL TANK
Bibliografi
Author: De Fretes, Anthon (Advisor); Soetanto, Dennis
Topik: Tangki Bahan bakar; Carbon Fiber Reinforced Polymer; Resin epoksi; Uji Impak; Uji Ketahanan api.
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2021    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: TA_Dennis_2016041082.pdf (1.85MB; 12 download)
Abstract
Berdasarkan data dari World Health Organization (WHO), kematian yang disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas meningkat tiap tahunnya. Salah satu faktor yang meningkatkan angka kematian tersebut adalah kebakaran yang disebabkan oleh kecelakaan kendaraan. Kebakaran ini umumnya disebabkan oleh terjadinya kontak antar bahan bakar dengan sumber panas sehingga mengakibatkan kebakaran kendaraan. Karena kemungkinan kecelakaan kendaraan berat dialami oleh kendaraan tipe sport lebih tinggi, maka komposit Serat karbon diperkuat polimer di analisis untuk digunakan sebagai tangki bahan bakar untuk namun tidak terbatas kepada kendaraan tipe sport . Pengujian impak charpy, uji ketahanan api, dan analisis kenaikan temperatur material akibat gesekan dilakukan pada CFRP dan dibandingkan dengan AL 5083 sebagai material pembanding . Hasil nilai uji impak CFRP ( 0,097 j/mm2 ) menunjukkan nilai lebih rendah dibandingkan dengan AL 5083 (0,565 j/mm2 ), hasil pengujian api UL94HB pada CFRP menunjukkan tidak adanya perambatan api, dan analisa kenaikan temperatur akibat gesekan material menujukan CFRP mengalami kenaikan temperatur 0,37 kali lebih rendah dibandingkan aluminium. Dari hasil tersebut Serat karbon dapat diajukan sebagai material tangki bahan bakar CFRP yang dapat mengurangi kebakaran oleh kecelakaan kendaraan.
Related courses
TME 500 - TUGAS AKHIR (Bacaan Anjuran)
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)