Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:45 WIB
Detail
BukuHUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DAN PENYESUAIAN AKADEMIK MAHASISWA ANGKATAN 2019 PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING, FAKULTAS PENDIDIKAN DAN BAHASA, UNIVERSITAS KATOLIK INDONESIA ATMA JAYA
Bibliografi
Author: Pedhu, Yoseph (Advisor); Anggana, Widyadhara Tri
Topik: Regulasi Diri; Penyesuaian Akademik
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia A     Tahun Terbit: 2020    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Penyesuaian akademik adalah kemampuan mahasiswa/i untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan perkuliahannya dan mampu menyelesaikan masalah-masalah akademik dan mampu mencapai prestasi akademiknya yang terdiri dari komponen prestasi yang baik (successful performance) dan usaha yang adekuat (adequate effort). Regulasi diri adalah upaya individu untuk mengatur diri dalam suatu aktivitas dengan mengikutsertakan kemampuan pikiran, perasaan, dan perilaku yang terdiri dari komponen: yaitu pengaturan waktu (time management), pengaturan lingkungan fisik dan sosial, dan pengaturan terhadap bantuan orang lain.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui regulasi diri, penyesuaian akademik, dan hubungan antara regulasi diri dan penyesuaian akademik. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling angkatan 2019 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen skala penilaian. Berdasarkan hasil uji coba instrumen regulasi diri memiliki 20 pernyataan valid dari 30 pernyataan dengan reliabilitas instrumen sebesar 0,914. Instrumen penyesuaian akademik memiliki 19 pernyataan valid dari 24 pernyataan dengan reliabilitas instrumen 0,923. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara regulasi diri dan penyesuaian akademik pada mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling angkatan 2019 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Variabel regulasi diri memberikan sumbangan sebesar 68% terhadap variabel penyesuaian akademik. Semakin tinggi regulasi diri, maka semakin tinggi pula penyesuaian akademik mahasiswa.
Saran yang diberikan bagi dosen pembimbing akademik adalah membimbing mahasiswa untuk melakukan pembuatan jadwal belajar kelompok dan mengarahkan mahasiswa membuat kelompok belajar. Saran bagi mahasiswa adalah membuat kelompok belajar dan memiliki jadwal tetap dalam melakukan kelompok belajar tersebut, dan diharapkan mampu dalam mengelola diri.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)