Anda belum login :: 23 Nov 2024 11:41 WIB
Detail
BukuHubungan Antara Persuasi Oleh Influencer di Media Sosial dengan Intensi Perilaku Pro-Lingkungan
Bibliografi
Author: Herabadi, Astrid Gisela (Advisor); Adelina, Annisa
Topik: Persuasi; Influencer di media sosial; Perilaku pro-lingkungan; Gen Z
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2020    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: 2016070068, Annisa Adelina Akbar, Dr. Astrid Gisela Herabadi, Hubungan Antara Persuasi Oleh Influencer di Media Sosial dengan intensi perilaku pro-lingkungan, 10 November 2020.pdf (1.38MB; 23 download)
Abstract
Perilaku pro-lingkungan sebagai perilaku yang dilakukan untuk meminimalkan dampak negatif dari seseorang terhadap lingkungan dapat dijadikan salah satu solusi untuk menjaga lingkungan serta mengurangi masalah sampah yang semakin menumpuk. Salah satu cara penerapan perilaku pro-lingkungan adalah dengan menggunakan wadah pribadi untuk membeli makanan atau minuman. Perkembangan metode komunikasi dan kelebihan influencer di media sosial dapat dijadikan salah satu pertimbangan cara untuk meningkatkan intensi perilaku pro-lingkungan khususnya pada Gen Z. Maka dari itu penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persuasi oleh influencer di media sosial dengan intensi perilaku pro-lingkungan.
Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan eksperimen melalui internet menggunakan desain penelitian one-group posttest design. Analisis statistik dilakukan dengan multiple regression. Teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian konten persuasi dari influencer di media sosial, dilanjutkan pengisian kuesioner. Partisipan terdiri dari 99 Gen Z pengguna Instagram di Jabodetabek yang belum pernah menggunakan wadah makanan atau minuman pribadi untuk berbelanja selama satu tahun terakhir. Kuesioner mengukur sikap, norma subjektif, dan persepsi kontrol perilaku terhadap perilaku pro-lingkungan, serta intensi perilaku pro-lingkungan setelah menerima pesan persuasi oleh influencer di media sosial.
Hasil perhitungan multiple regression yang telah memenuhi uji asumsi menunjukkan adanya hubungan antara persuasi oleh influencer di media sosial yang digambarkan melalui theory of planned behavior dengan intensi perilaku pro-lingkungan (R=0.607, F(3,95)=18.450, p<0.05). Sikap terhadap perilaku pro-lingkungan signifikan berhubungan dengan intensi perilaku pro-lingkungan (r=0.427, p<0.05), namun tidak berkontribusi secara signifikan. Norma subjektif terhadap perilaku pro-lingkungan memiliki hubungan yang kuat dan signifikan dengan intensi perilaku pro-lingkungan (r=0.504, p<0.05). Persepsi kontrol perilaku terhadap perilaku pro-lingkungan juga memiliki hubungan yang signifikan dengan intensi perilaku pro-lingkungan (r=0.489, p<0.05). Keduanya berkontribusi secara signifikan terhadap intensi perilaku pro-lingkungan. Hasil penelitian dapat dijadikan pertimbangan berbagai pihak dalam melakukan persuasi untuk meningkatkan intensi perilaku pro-lingkungan agar perlahan mengurangi masalah lingkungan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)