Anda belum login :: 23 Nov 2024 23:26 WIB
Detail
BukuGambaran Motivasi Berbagi Informasi pada Pengguna TripAdvisor di Indonesia
Bibliografi
Author: Dahesihsari, Rayini (Advisor); Wardani, Andini Kusuma
Topik: electronic word of mouth; motivation; giving review; tripadvisor
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2020    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext: 2016070262_ANDINI KUSUMA WARDANI_RAYINI DAHESIHSARI_GAMBARAN MOTIVASI BERBAGI INFORMASI PADA PENGGUNA TRIPADVISOR DI INDONESIA_10 DESEMBER 2020_.pdf (694.64KB; 11 download)
Abstract
Informasi yang disampaikan oleh konsumen pada konsumen lain tentang suatu produk sudah jamak dikenal sebagai strategi marketing yang efektif. Di masa maraknya internet, konsumen semakin terdorong untuk membagi pengalamannya mengkonsumsi produk melalui media daring. Kegemaran konsumen berbagi informasi, khususnya melalui media daring kemudian dimanfaatkan oleh berbagai situs yang menjembatani konsumen yang membutuhkan informasi dengan konsumen yang ingin berbagi pengalaman dan informasi yang dimilikinya. Salah satu situs yang terkenal dan terbesar di dunia yang melakukan hal itu adalah TripAdvisor. Situs ini hidup dari review-review yang dibuat oleh para Reviewers, walaupun para reviewers ini bukan karyawan dan tidak memiliki ikatan apapun dengan mereka. Menjadi menarik untuk mengeksplorasi bagaimana motivasi dari para reviewers ini yang dengan sukarela memberikan waktu dan pikirannya untuk menulis ulasan, padahal mereka tidak mendapatkan imbalan apapun dari situs tersebut. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui bagaimana gambaran motivasi berbagi informasi pada pengguna TripAdvisor di Indonesia, menggunakan kerangka teori motivasi E-WOM yang dibuat oleh Hennig-Thurau (2004) dan dikembangkan lagi oleh Magalhaes dan Mussalam (2014). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan E-WOM Motivation Questionnaire. Penelitian ini melibatkan 125 responden berdasar teknik convenience sampling. Data dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif. Selain itu, Teknik Statistik Mann-Whitney U dan Kruskal Wallis juga digunakan untuk menguji perbedaan gambaran jenis motivasi berdasar jenis kelamin, usia responden, jumlah E-WOM, dan jenis E-WOM yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi terkuat berbagi informasi pada situs TripAdvisor Indonesia adalah Concern for Others, Helping the Company, Platform Assistance, dan Extraversion yang berada dalam taraf tinggi. Setelah itu baru diikuti jenis motivasi lainnya, seperti Advice Seeking, Venting Negative Feelings, dan Influence of Others yang berada pada taraf sedang.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.34375 second(s)