Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi dunia, diperlukan tenaga-tenaga muda yang cerdas dan terampil dalam menunjang kemajuan pembangunan bangsa dan Negara Indonesia, khususnya dalam dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu penulisan dan penerjemahan serta pengadaan buku pelajaran, buku ilmu pengetahuan, dan terbitan pendidikan lainnya perlu terus ditingkatkan jumlah dan mutunya. Agar tujuan pemerintah Indonesia untuk menggiatkan dan memeratakan sektor pendidikan nasional yang berdasarkan Pancasila terwujud, diperlukan suatu strategi distribusi yang tepat sehingga buku-buku tersebut dapat dengan mudah diperoleh dan digunakan oleh seluruh warga negara Indone¬sia yang tersebar di berbagai pelosok tanah air Indonesia. Untuk melihat begitu pentingnya kebijaksanaan saluran distribusi bagi suatu perusahaan, penulis melakukan penelitian di PT Gramedia jalan Palmerah Selatan No. 22 – 28 Jakarta, yang merupakan industri percetakan dan penerbitan terbesar di Indonesia. PT Gramedia berusaha menyalurkan buku-bukunya ke berbagai pelosok tanah air untuk dapat turut memajukan pengetahuan masyarakat Indonesia dan membangun generasi muda Indonesia yang berwawasan luas terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kebijaksanaan strategi saluran distribusi yang dijalankan PT Gramedia dapat mempengaruhi tingkat penjualan perusahaan dan seberapa intens kepuasan konsumen terpenuhi dengan strategi distribusi yang diterapkan tersebut. Penulis melakukan analisa perbandingan antara biaya distribusi dan hasil penjualan yang dicapai perusahaan dengan menggunakan koefisien korelasi dan rumus test koefisien korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada nilai signifikan 0,05 dan 0,025 diperoleh hasil t observasi (tQ) lebih besar dari hasil t tabel (t), yaitu 15,4792 > 2,353 dan 3,183. Dengan demikian hipotesa awal (HQ) ditolak dan hipotesa alternatif (H) diterima. |