Menjamurnya bisnis apartemen dewasa ini sangat terasa di ibukota Jakarta. Pada akhir tahun 1995 nanti diproyeksikan 20.500 unit apartemen akan beroperasi di 100 lokasi di Jakarta, sedangkan perkiraan pasokan apartemen hanya 3.500 unit dan tahun 1995 akan menjadi titik jenuh bisnis apartemen, bahkan perkiraan itu bisa meleset apabila tahun depan merupakan titik jenuh. PT Karsindo Utama membangun Juanda Regency Condominium yang terdiri dari 190 unit, dan data penjualan sampai bulan Agustus 1993 menyebutkan bahwa 60% dari unit yang tersedia tersebut sudah terjual, tapi belum mencapai target penjualan sebesar 90%. Masalah vang timbul adalah bagaimana caranya mencapai target penjualan tersebut sebelum pasar benar-benar jenuh dan di tengah-tengah persaingan yang begitu ketat. Alternatif pemecahan yang penulis tawarkan adalah PT Karsindo Utama harus melakukan strategi promosi yang tepat, tidak menunggu ketertarikan pasar pada lokasinya saja, tetapi menggugah kesadaran pasar dan berusaha menjaring segmen pasar yang lain. Melalui strategi promosi yang tepat, perusahaan sekaligus dapat memperkuat image masyarakat terhadap perusahaan sebagai salah satu developer yang tangguh. |