Anda belum login :: 17 Feb 2025 08:41 WIB
Detail
BukuPendekatan Simulasi Untuk Analisa Antrian Pada Service Bengkel Motor (Studi Kasus: Bengkel Ahass Inti Motor)
Bibliografi
Author: Sugioko, Andre (Advisor); Geri, Gregorius
Topik: Kepuasan Pelanggan; Simulasi Sistem; ProModel; Ekonomi Teknik
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2020    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Gregorius Geri_Undergraduated Theses_2020.pdf (9.6MB; 8 download)
Abstract
Tingginya permintaan terhadap service motor di Indonesia tentu akan mendorong pengusaha bengkel untuk memberikan pelayanan terbaik agar dapat memberika kepuasan kepada pelanggan mereka. Kepuasan pelanggan adalah salah satu aspek penting dalam persaingan industri jasa yang satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, pada penelitian ini akan berfokus pada salah satu masalah kepuasan pelanggan yang terdapat di Bengkel AHASS Inti Motor yaitu waktu tunggu yang lama sehingga banyak pelanggan tidak mampu menunggu. Pengurangan waktu tunggu dilakukan dengan menggunakan metode simulasi sistem yang dapat menirukan sistem nyata, sehingga setelah dibuatnya sistem yang menyerupai sistem nyata dapat diberikan usulan untuk mengurangi waktu tunggu. Selain memberikan usulan akan dilakukan perhitungan ekonomi teknik untuk melihat apakah usulan terpilih layak untuk diterapkan. Simulasi sistem akan dibuat dengan bantuan software ProModel. Adapun hasil dari ProModel menunjukkan waktu tunggu tertingg pada hari biasa adalah 43.28 menit dan hari sibuk adalah 71.20 menit tidak sesuai dengan kriteria owner yang menetapkan waktu tunggu maksimal adalah 40 menit. Dari masalah tersebut diberikan usulan untuk menambahkan 1 lokasi PIT service 1 yang dapat mengurangi waktu tunggu dimana dari hasil usulan tersebut didapatkan penurunan waktu tunggu pada hari biasa rata-rata dibawah 20 menit dan waktu tunggu pada hari sibuk rata-rata dibawah 30 menit. Dari hasil kondisi usulan, waktu tunggu terbukti berkurang dibandingkan dengan kondisi aktual. Berdsarkan hasil ekonomi teknik untuk NPV, Bengkel AHASS Inti Motor akan memeperoleh pendapatan sebesar Rp. 558.325.866 jika menerapkan usulan yang diberikan. NPV yang bernilai positif tersebut menunjukkan usulan yang diberikan layak diterapkan untuk memecahkan masalah di Bengkel AHASS Inti Motor.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)