Anda belum login :: 23 Nov 2024 04:14 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Analisis Pengaruh Variasi Kecepatan, Bentuk Penampang, Kemiringan Kaca Depan, dan Variasi Kelengkungan Terhadap Nilai Koefisien Gaya Hambat pada Desain Bodi Mobil Hemat Energi Menggunakan Metode Simulasi Computational Fluid Dynamics
Bibliografi
Author:
Ruslan, Wegie
(Advisor);
Tobing, Sheila
(Advisor);
Kenny, Mikael Timotius
Topik:
ANSYS
;
CFD
;
mobil hemat energi
;
simulasi
;
gaya hambat
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2020
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Mikael Timotius Kenny_Undergraduated Theses_2020.pdf
(5.32MB;
11 download
)
Abstract
Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) merupakan perlombaan mahasiswa tingkat nasional untuk menciptakan mobil hemat energi. Dalam proses merancang mobil KMHE, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya koefisien gaya hambat. Koefisien gaya hambat adalah bilangan tidak berdimensi yang menunjukkan besarnya tahanan fluida yang diterima oleh suatu benda. Terdapat berbagai metode yang dapat dilakukan untuk merancang bentuk mobil dengan koefisien gaya hambat yang rendah, salah satunya adalah menggunakan metode computational fluid dynamics (CFD). Mobil FRANSEDA merupakan mobil hemat energi kelas urban yang dirancang memiliki bentuk bodi mobil dengan koefisien gaya hambat lebih kecil dari 0,36. Simulasi dilakukan menggunakan software ANSYS FLUENT 17.2 pada 3 jenis model mobil MH-01, MH-02, dan MH-03. Jumlah elemen yang digunakan pada simulasi sebesar 4390172. Model diuji pada kecepatan 5 m/s, 10 m/s, 15 m/s dengan variasi bentuk penampang atas dan samping, kemudian dipilih untuk disimulasikan dengan variasi kemiringan kaca depan (27o, 30 o, 35 o) dan variasi kelengkungan (koordinat A, B, dan C). Hasil simulasi menunjukkan model MH-03 dengan sudut kemiringan 27o dan koordinat C memiliki koefisien gaya hambat terendah yaitu 0,201.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.1875 second(s)